5 Mar 2013

BOB MARLEY

Bob Marley
Nesta Robert Marley (6 Februari 1945 - 11 Mei 1981) atau sering di kenal dengan nama "Bob Marley" ini adalah seorang penyanyi-penulis dan musisi dari Jamaika. Dia adalah gitaris,ritme dan vokalis untuk band ska, rocksteady dan reggae di band The Wailers pada (1963-1974) dan Bob Marley & The Wailers dari tahun 1974 sampai 1981.

Marley tetap menjadi peran yang paling banyak dikenal dan dihormati oleh para pecinta musik reggae, dan dikreditkan dengan membantu menyebarkan, baik musik Jamaika dan gerakan Rastafari kepada semua orang di seluruh dunia.


Musik dan Lirik lagu Bob Marley sangat dipengaruhi oleh isu-isu sosial tanah airnya, dan ia dianggap telah memberikan suara untuk perhubungan politik dan budaya yang spesifik dari Jamaika.singel lagu yang paling terkenal hit di jaman itu yaitu :

"I Shot Sheriff" , "No Woman , Cry " ," could you Be Loved " ," Stir It Up " ," Get Up Stand Up " ," Jamming " ," Redemption Song " ," One Love " dan," Three Little Birds ", serta anumerta rilis "Buffalo Soldier" dan "Iron Lion Zion". Album kompilasi Legenda (1984), Di rilis tiga tahun setelah kematiannya, dan itu adalah album reggae terlaris, dan mendapatkan sepuluh kali Platinum yang juga dikenal sebagai salah satu Diamond di Amerika Serikat, dan menjual 25 juta kopi di seluruh dunia.

Biography

 

Kapten Norval Sinclair Marley adalah seseorang yang berperawakan kecil. Ia adalah seorang pengawas tanah perusahaan Crown Lands, milik Pemerintahan Inggris yang telah menjajah Jamaika sejak tahun 1660-an yang terletak sebelah utara pulau itu. Pangkat yang disandangnya ia dapat saat menjadi komandan markas di Resimen British Hindia Barat. Suatu saat ia bertemu dengan Cendella, seorang wanita pribumi yang telah mamikat hatinya pada saat dia sedang berkunjung ke distrik Nine Miles. Hubungan mereka menjadi pergunjingan warga setempat karena Ras. Pada Mei 1944 cedella mengejutkan keluarganya karena hamil. Sehingga pada hari jumat dilaksanakanlah pernikahan antara Norval dengan Cendella dan sehari setelah pernikahan mereka, Cendella diungsikan ke Kingston agar tidak tercorek namanya sebagai ahli waris keluarganya.


Dan akhirnya Cendella melahirkan seorang anak yang diberi nama Robert Nesta Marley yang lahir pada pukul 2.30, Rabu Februari 1945 dengan bobot enam setengan pon (3.25 kg) di Nine Miles. Konon pada malam kelahirannya, banyak orang melihat beberapa meteor jatuh, yang menurut keyakinannya akan lahir seorang tokoh besar.

 

Diskografi

 


Bob Marley & The Wailers

Album studio

Bersama The Wailers :

  •        The Wailing Wailers (1965) - Studio One
  •        Soul Rebels (Desember 1970) - Upsetter/Trojan
  •        Soul Revolution (1971) - Upsetter/Trojan
  •        Soul Revolution Part II (1971) - Upsetter/Trojan
  •       The Best of The Wailers (Agustus 1971) - Beverley's
  •       Catch a Fire (13 April, 1973) - Island/Tuff Gong
  •        Burnin' (19 Oktober, 1973) - Island/Tuff Gong

Bersama Bob Marley & The Wailers :

  •        Rasta Revolution (1974) - Upsetter/Trojan
  •        Natty Dread (25 Oktober, 1974) - Island/Tuff Gong
  •        Rastaman Vibration (30 April, 1976) - Island/Tuff Gong
  •        Exodus (3 Juni, 1977) - Island/Tuff Gong
  •        Kaya (23 Maret, 1978) - Island/Tuff Gong
  •        Survival (2 Oktober, 1979) - Island/Tuff Gong
  •        Uprising (20 Juni, 1980) - Island/Tuff Gong
  •        Confrontation 23 Mei, 1983 (anumerta) - Island/Tuff Gong


Final years and death

 

Bob Marley and Family

Marley menikahi Rita Anderson pada tahun 1966, dan menghabiskan beberapa bulan tinggal di Delaware dengan ibunya. Ketika Marley kembali ke Jamaika, ia mulai berlatih iman Rastafarian dan mulai tumbuh gimbal. Sebagai taat Rasta, Marley mengambil bagian dalam ritual penggunaan ganja (mariyuana).

Bob Marley menghabiskan banyak akhir 1970-an berusaha untuk mempromosikan perdamaian dan pemahaman budaya dalam Jamaika, meskipun ditembak (bersama dengan istrinya dan manajer, yang juga selamat) sebelum sebuah konser perdamaian. Dia juga bertindak sebagai duta budaya bersedia untuk rakyat Jamaika dan agama Rastafarian. Dia berstatus hampir dewa di antara Jamaika banyak dan Rastafarian seluruh dunia.

Pada tahun 1977, Bob Marley menemukan luka di kakinya, yang ia diyakini cedera sepak bola, tetapi kemudian ditemukan menjadi melanoma ganas. Dokter merekomendasikan suatu amputasi jari kakinya, tetapi dia menolak karena alasan keagamaan. Kanker akhirnya menyebar. Ketika ia akhirnya memutuskan untuk mendapatkan bantuan medis (di 1980), kanker telah menjadi terminal. Dia ingin mati di Jamaika, tapi tidak bisa menahan penerbangan pulang, dan meninggal di Miami. Rekaman terakhirnya, di Pittsburgh Stanley Teater, direkam dan dirilis untuk anak cucu sebagai Bob Marley dan Wailers Live Forever.

Bob Marley dipuja di seluruh dunia, baik sebagai sosok mendefinisikan musik Jamaika dan sebagai pemimpin spiritual. Istrinya Rita menjalankan pekerjaannya sebagai fit, dan putranya Damian "Jr Gong", Julian, Ziggy, Stephen, Ky-Mani, serta putri-putrinya, Cedelia dan Sharon, melanjutkan warisan musiknya (yang lain saudara tidak memainkan musik profesional).

Di antara penghargaan dan kehormatan yang telah diberikan kepada Bob Marley adalah sebuah tempat di Rock dan Hall of Fame dan roll Award Lifetime Achievement Grammy. Lagu dan album juga telah memenangkan berbagai penghargaan, seperti Album Magazine of the Century (untuk Keluaran) dan Song BBC Milenium untuk "One Love".






(perhatian) berita di atas adalah hasil penelusuran saya tentang BOB MARLEY di wikipedia.com dan anekaforim.com.

No comments:

Post a Comment